Piaggio NRG Power





Piaggio NRG Power - Spesifikasi

NRG Power PJ

Mesin

Silinder tunggal 2 tak Piaggio Hi-PER2 PRO PUREJET, 49.4cc

Bore / Stroke

40 mm / 39.3 mm

Fuel

Unleaded

Induction

Electronic injection

Cooling

Liquid

Starter

Electric

Gears

CVT and torque server

Clutch

Dry automatic centrifugal type

Suspensi Depan

Upside down telehydraulic fork, Ø 30 mm

Suspensi Belakang

Hydraulic single shock absorber

Rem Depan

Disk Ø 220 mm with floating calliper

Rem Belakang

Disk Ø 175 mm, calliper with opposed pistons

Ban Depan

Tubeless 120/70 –13”

Ban Belakang

Tubeless 140/60 –13”

Length/Width/Wheelbase

1,790/850/1,270 mm

Seat height

795 mm

Dry weight

99 kg

Fuel tank

6.5 liter

Top speed

Legal limit

NRG Power DD

Mesin

Single cylinder 2 stroke Piaggio Hi-PER2 PRO, 49.4cc

Bore / Stroke

40 mm / 39.3 mm

Fuel

Unleaded

Induction

Lamellar

Cooling

Liquid

Start

Electric and kick starter

Gears

CVT and torque server

Clutch

Dry automatic centrifugal type

Suspensi Depan

Upside down telehydraulic fork, Ø 30 mm

Suspensi Belakang

Hydraulic single shock absorber

Rem Depan

Disk Ø 220 mm with floating calliper

Rem Belakang

Disk Ø 175 mm, calliper with opposed pistons

Front tyre

Tubeless 120/70 –13”

Rear tyre

Tubeless 140/60 –13”

Length/Width/Wheelbase

1,790/850/1,270 mm

Seat height

795 mm

Dry weight

99 kg

Fuel tank

6.5 liter

Top speed

Legal limit

NRG Power DT

Mesin

Single cylinder 2 stroke Piaggio Hi-PER2 PRO, 49.4cc

Bore / Stroke

40 mm / 39.3 mm

Fuel

Unleaded

Induction

Lamellar

Cooling

Forced air

Start

Electric and kick starter

Gears

CVT and torque server

Clutch

Dry automatic centrifugal type

Suspensi Depan

Upside down telehydraulic fork, Ø 30 mm

Suspensi Belakang

Hydraulic single shock absorber

Rem Depan

Disk Ø 220 mm with floating calliper

Rem Belakang

Drum Ø 110 mm

Ban Depan

Tubeless 120/70 –13”

Ban Belakang

Tubeless 140/60 –13”

Length/Width/Wheelbase

1,790/850/1,270 mm

Seat height

795 mm

Dry weight

95 kg

Kapasitas Bahan Bakar

6.5 liter

Top speed

Legal limit



Sumber :
piaggionrgpower
twowheelsblog

Piaggio MP3 Hybrid




Piaggio Group menjadi manufaktur yang pertama di dunia memperkenalkan scooter hybrid berbasis Piaggio MP3.

Tidak hanya sekadar scooter menggunakan dua sumber tenaga yang berbeda, namun juga memberikan keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Manufaktur asal Italia ini mengklaim MP3 Hybrid adalah kendaraan pertama yang menggunakan baterai lithium ion yang bisa diisi ulang dimana saja. Diyakini MP3 Hybrid ini mampu menekan 50% konsumsi bahan bakar serta kadar karbon dioksida.

Berkendara dengan MP3 Hybrid, anda tak lagi berpikir tentang pilihan performa ataupun penghematan. MP3 Hybrid mendapatkan sumber tenaga dari sistem penggerak hybrid revolusioner yang dikembangkan oleh Piaggio Group yang diaplikasikan untuk roda dua, merupakan kombinasi mesin bensin 4-tak berkapasitas 124 cc serta motor listrik.

Transmisi otomatis, starter listrik dan inovatif Ride-by-Wire, electronic accelerator system merupakan fitur yang kali pertama dipakai oleh scooter yakni pada MP3 Hybrid. Saat akselerasi pertama 85% performa akan mengunakan mesin konvensional.

Mesin bensin konvensional yang digunakan MP3 Hybrid bertenaga 15 hp pada 8.500 rpm dan torsi 16 Nm pada 3.000 rpm. Adapun sumber tenaga dari lithium ion menyuguhkan tenaga 3,5 hp dan torsi 15 Nm.

Dengan teknologi hybrid ini Piaggio mengklaim MP3 Hybrid mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak tempuh 60 km. Bandingkan dengan scooter hanya bermesin bensin memiliki perbandingan konsumsi 1 liter untuk 26 km.

MP3 Hybrid juga bisa hanya mengaktifkan sumber tenaga listrik, hanya dengan menekan tombol di batang kemudi secara otomatis mesin bensin akan mati. Kembali mengaktifkan mesin konvensional sekaligus mengisi ulang sumber tenaga baterai lithium ion. Baterai akan terisi otomatis saat rem dan menurunkan kecepatan.

Pengendara bisa langsung memilih full listrik atau mode hybrid saat kendaraan melaju, hanya dengan menekan tombol “Hy Tech” beberapa detik saja. MP3 Hybrid ini juga memiliki teknologi plug-in, sehingga saat kembali ke rumah pengendara bisa mengisi penuh baterai lithium ion menggunakan listrik rumah selama tiga jam.

[Sumber : INILAH.com]
Oleh : Birkoff

Piaggio USB

skuter matik (skutik) hybrid, USB(Urban Sport Bike), atau sepeda motor sport urban.

Skutik hybrid ini terinspirasi dari tiga jenis transportasi, yaitu skuter, sepeda motor, dan mobil.

Menurut Piaggio, USB menawarkan sensasi berkendara sebuah skutik dengan kenyamanan layaknya sebuah mobil kompak. Piaggio mengusung mesin dua tak direct injection dan rear wheel-mounted motor elektrik.

USB bisa dikendarai dengan menggunakan 100% tenaga listrik dengan penggunaan jarak maksimum 31 mil dengan rata-rata kecepatan sekitar 37 mph atau sekitar 50 km per jam.

Tenaga listrik disimpan ke dalam baterai lithium-polymer. Saat menggunakan hybrid mode, Piaggio mengklaim elektrik motor mampu menghasilkan torsi maksimum 147 lb-ft.

Sumber dan Fhoto :
Augusta B. Sirait
INILAH.com

Membersihkan Helm

Helm adalah peralatan pelindung terbaik saat mengendarai motor. Namun, karena sering dipakai setiap hari, helm akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Apalagi kalau tidak pernah di rawat.

Tahukah anda apa akibatnya?

"Sebaiknya helm sesering mungkin dibersihkan, dirawat. Perlu dicuci sebulan sekali. Helm yang tidak dirawat atau di cuci akan mengakibatkan iritasi pada kulit bagian leher dan bisa membuat rambut berketombe. Akibatnya, mengendarai motor menjadi tidak konsentrasi," ujar pemilik cuci helm klinZap M. Farid Rasyidi kepada INILAH.COM, Kamis (11/2), di Jakarta.

Berikut tips singkat merawat helm motor yang benar:

Bukalah kaca penutup, khususnya jenis full face, saat helm tak digunakan. Bila dibiarkan tertutup, udara pengap dan bau bekas keringat akan terus terperangkap di dalam helm. Bau menyengat juga akan timbul bila tak tersentuh sinar matahari dalam waktu lama. Hawa panas dalam helm akan mengendap pada lapisan busa dan inilah yang menyebabkan bau tak sedap.

Biasakan menjemur helm setelah penggunaan pada perjalanan jarak jauh. Atau perawatan setidaknya dilakukan sepekan sekali, untuk penggunaan harian. Letakan helm dalam posisi terbalik dengan kaca dan seluruh bagian ventilasi terbuka. Ruang terbuka bagian bawah helm mempercepat penguapan butiran keringat dalam helm. Dan sinar ultra violet matahari mampu menetralisasi bar keringat itu.

Ketika menyimpan helm, perhatikan fungsi ventilasi agar tetap terbuka sehingga udara bersirkulasi dengan baik. Salah satu cara termudah, buka kaca dan seluruh lubang ventilasi. Bau sisa keringat akan bersirkulasi dan memiliki jalan keluar untuk menguap.

Jangan lupa menaruh wewangian seperti misalnya kapur barus, ketika helm tak digunakan. Namun, hati-hati memilih jenis pengharum untuk itu. Jika menggunakan minyak wangi, maka pilih yang mengandung kadar alkohol rendah. Bila terpaksa memakai pewangi beralkohol tinggi, usahakan saat menggunakannya dalam jumlah sedikit. Karena busa helm cepat kering dan kisut bila sering terkena alkohol.

Gunakan pewangi beralkohol tinggi secara tepat, seperti misalnya hanya menyemprotkan sedikit dalam jarak cukup jauh dari target. Lalu bila kaca helm terkena alkohol, segera bersihkan dengan tisu atau kain halus. Sebab, senyawa pewangi ternyata akan mempermudah timbulnya jamur pada kaca helm.

Poles bagian luar helm dengan pasta pengkilap secara merata. Fungsinya selain untuk menjaga ketahanan warna helm, debu juga tidak mudah menempel.

Selesai dipoles dan diharumkan, simpan helm di tempat bebas debu dan tidak mudah terkena matahari secara langsung. Namun jangan juga menaruh helm pada lingkungan lem

Cucilah helm sebulan sekali. Sudah banyak jasa cuci atau laundry helm di sekitar perumahan. Selain enak digunakan, helm bersih juga akan membantu konsentrasi penuh saat berkendara. Mencuci helm juga sangat penting jika anda suka meminjamkan atau digunakan oleh pembonceng. [Oleh : Augusta B. Sirait, Dari : INILAH.COM]

scarabeo 2006







Mesin Bersilinder tunggal, 2-stroke.
Fuel Unleaded petrol.
Bore and stroke 40 x 39.3 mm.
kapasitas mesin 49.4 cc.
Rasio Kompresi 10.3:1.
Fuel system Dell’Orto PHVA 17.5 RD carburettor, 17.5 mm body.
Pengapian Elektrik mengunakan aki kering.
Starter Elektrik dan Engkol
Tegangan Listrik 12 V – 88 W.
Gigi Otomatis dengan pengendalian yang bisa bervariasi.(matik)

Frame Single spar at the front with double cradle at the rear, in tubular steel.
Suspensi depan : 28 mm hydraulic fork; wheel travel 80 mm.
Suspensi belakang : Hidraulik dan pegas tunggal dan terpasang diatas mesin
Rem Depan Cakram 220 mm.
Rem Belakang Tromol 140 mm.

Ukuran Ban depan 2.50 x 16” 80/80 - 16 40J 70/90 - 16 42J
Ukuran Ban Belakang 2.75 x 16” 90/80 - 16 51J 80/90 - 16 48J

Ukuran keseluruhan :
Panjang : 1,875 mm
Lebar : 710 mm
Tinggi : 1,240 mm
Ketebalan tempat duduk: 760 mm
Jarak Ban ke alas : 1,245 mm
Kapasitas Tangki 7.5 litres (including 2 litre reserve).
Accessories New Concept top box (textured black fi nish), Large windshield, Left hand mirror, Large windshield
Leg cover, Passenger seat, Passenger footrests.
Kendali, Jok dan Pijakan


Pilihan desain Cover Depan

Kaki dan arsitektur mesin

Warna Pilihan :







Tips merawat Motor Vespa anda


Merawat Busi
Vespa identik dengan Busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah Vespa kita bisa dibikin tidak gonta ganti Busi ? Jawabannya bisa.

Busi yang berumur panjang (tdk gonta-ganti) tidak sulit. syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Dibawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tdk perlu gonta ganti, alias berumur panjang.

Busi terdiri atas dua titik dari arus positif (+) dan arus negatif (-). Kedua titik tersebut jika dihubungkan dengan pengaturan dari platina / CDI akan menghasilkan / memercikan api. Api inilah yang akan membakar Bensin yang telah dikabutkan oleh karburator. diantara kedua titik tersebut (ditengah) akan dilapisi oleh isolator.

Busi suka dikatakan MATI dan harus diganti jika lapisan isolator tersebut ditutupi oleh kerak/jelaga hasil pembakaran di ruang Blok mesin. Kenapa ada kerak ? jawabannya adalah pada kualitas bahan bakar dan oli pelumasan yang terdapat di Vespa. ingat Vespa itu kendaraan 2 tak, jadi bensin yang dibakarnya mengandung banyak oli.

Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super. Demikian juga dengan oli samping, akan banyak meningggalkan kerak / jelaga jika oli samping dengan kualitas (bahan aditif) yang rendah. Dan mengingat di pasaran banyak beredar banyak merk oli samping, kepada para pemilik kendaraan scooter memiliki pemahaman bagaimana memilih oli yang baik. Jangan lupa banyak juga oli samping palsu yang beredar.

Untuk mengatasi bertumbuknya jelaga / kerak di busi (isolator) tadi bisa dilakukan dengan membersihkannya secara rutin. Bukalah busi dari cilinder cop. Bersihkan memakai kuas dengan kerosin / solar / bensin. atau bisa juga bersihkan dengan memakai sikat besi.

Kuas dan sikat tersebut hanya mampu membersihkan isolator yang kelihatan, bagaimana utk bagian dalam yang tidak kelihatan ?. Pergunakanlah 3 – 5 helai kawat baja dari tali kopling yang sudah tidak dipakai. Isi lubang isolator dengan bensin, korek terus bagian isolator busi yang telah ada keraknya, setelah dilihat kotor, tuang, lalu isi kembali dan korek beberapa kali. Jangan lupa lubang bagian isolator tsb harus dalam kondisi terendam oleh kerosin/bensin/solar, supaya kerak hasil korekan kawat bisa dikeluarkan.

Setelah bersih betul pasang kembali busi di dudukannya dlm cilinder cop. Ingat ketika busi dibersihkan HARUS dalam kondisi setelah dingin. Jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam kondisi panas (baru dicopot dari cilinder cop yg panas), karena itulah penyebab umur busi pendek.

Ingat cara manual diatas harus dengan kesabaran.

Cara manual ini Ada juga yang lebih cepat dalam membersihkan jelaga / kerak di lubang isolator busi. Cara cepat ini tentu saja mengandung resiko yang cukup besar, yakni dengan memakai air accu (air zuur) dan juga air raksa. Caranya dilakukan beberapa langkah seperti berikut :

1. Tuangkan beberapa tetes air accu zuur kedalam lubang isolator busi, biarkan beberapa detik, kemudian tuang
2. Setelah diras cukup membuang kerak, lakukan pencucian dengan mempergunakan sikat (Kuas) dan air sabun rinso.

Model dengan cara ini hanya beberapa detik langsung membersihkan kerak. Tapi sekali lagi jangan terlalu lama, sebab kalau lama, lapisan besi/logam yang tidak memiliki lapisan isolator akan tergerus oleh air zuur. jika lapisan tergerus maka busi akan menajdi terlalu tipis.

Resiko akibat memakai air zuur / air raksa juga ada, yakni jika uapnya terhirup hidung kita akan berbahaya. Hm ….. resiko cukup berat. Logam berat akan memasuki rongga pernafasan kita. Cara mengatasi supaya tidak terhirup adalah dengan memakai penutup hidung.

Sekedar anda tahu, jika ada orang yang menjual busi dengan tanpa baju, masih bersih, tapi harga miring, harap hati-hati, biasanya hasil praktek model begini. Hasilnya memang menakjubkan. Setelah kerak dibuang, lalu digosok dengan sikat dan rinso, maka dijamin kotoran dan lemak oli akan terbuang, Busi-pun jadi kinclong seperti keluar dari pabrik.

Selain dengan manual diatas ada cara lain utk membersihkan kerak yakni dengan memakai carburator cleaner. Tetapi jika dengan carb cleaner biasanya ada pengaruh terhadap busi, sebab ketika cairan carb cleaner di semprotkan, suhu busi menjadi terlalu dingin.

Jika busi dibersihkan secara rutin (3, 4, atau 5 hari sekali) , dan jangan menunggu hingga vespa mogok, dijamin busi tdk akan pernah mati.

Hal-hal yang menyebabkan busi mati

1. Listrik yang dihasilkan spul terlalu kecil
2. Coil terlalu lemah
3. Platina / CDI lemah
4. Rendahnya kualitas Bensin
5. Rendahnya kualitas Oli samping

Jadi biar kita bersihkan terus jika ada gangguan 1 dari kelima hal diatas, biasanya mempercepat rusaknya busi. Karena itu tetap kontrol kondisi kelimanya, atau kalau bingung periksa secara rutin oleh bengkel/montir.

JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI

Jika kita terpaksa mengganti busi busi jangan pernah dibuang, sebab busi yang bekas pakai dan disimpan lamaaaaaa…. kemudian dipakai lagi, biasanya pengapiannya cukup bagus.

Setelah tidak dipakai cucilah busi dengan minyak tanah dan simpanlah. besok lusa atau bahkan tahun depan sedang butuh, insya allah bisa dimanfaatkan

MERAWAT BUSI SUPAYA AWET

Jalan paling mudah memelihara busi adalah dengan memelihara atau memperbaiki kualitas bahan bakar (bensin) yang masuk ke ruang bakar (blok mesin). langkah kedua adalah memelihara kualitas karburator, sebab semakin baik karburator, semakin bagus pula kualitas pembakaran.

langkah yang lain adalah langkah cukup nyeleneh, alias tidak ada Standar Operasional Pabrik (SOP) nya dari pabrik adalah dengan merebus busi. Langkah terakhir inilah yang cukup jitu. ya paling tidak oleh para sekuteris cekak rupiah, kayak anak pelajar.

Langkah tanpa SOP pabrik ini adalah sbb :

1. kumpulkan beberapa busi bekas, atau bisa juga busi baru beli. 2. siapkan rebusan air di panci sebanyak setengah panci diatas kompor. 3. setelah mulai panas (bergolak), masukan busi kedalam panci, biarkan beberapa saat sampai air menjelang habis. Ingat jangan menambahkan air dingin, sebab suhu busi akan berubah.

Jadi cara merebusnya mirip seperti orang mau merebus ketupat. Jangan sampai air habis, dan jangan dulu angkat busi jika air mendidihnya di panci masih banyak. kalau distandarkan waktu adalah dengan merebus selama 10 menit, 15 menit, 20 menit dst.

Semakin lama merebus, maka akan semakin lama busi dipanaskan, maka kualitas busi yang dihasilkan akan semakin baik.

Akan lebih bagus jika busi baru dibeli juga diperlakukan sama. Pengalaman family-ku di Tegal. busi baru yang dipakai vespa dengan melalui proses rebus, 5 tahun ga pernah ganti busi.

Sekali lagi ingat pepatah JANGAN PERNAH MEMBUANG BUSI

MERAWAT ACCU

Accu untuk jaman sekarang menjadi benda vital untuk kendaraan bermotor, termasuk vespa. Accu perlu perawatan sebab setiap kali mesin dihidupkan, maka accu akan tersisi arus listrik.

Ketika arus listrik masuk ke accu, maka elemen dalam accu akan bereaksi. Reaksi dari accu inilah yang mengakibatkan (1) suhu air accu memanas lalu menguap, (2) kepala accu khususnya yang positif (+) akan ada penggumpalan dan biasanya menyebabkan karat.

Karena itu kontrol dan isi terus air accu, paling tidak sebulan sekali. Demikian juga kepala accu harus sering dibersihkan dengan kuas yang telah dibasahi pakai air panas.

Jika dirawat rutin accu awet dan terus bisa dipergunakan. Dan jangan dilupakan, jika scooter kita lamaa……. tidak dipakai lebih baik accu-ny dilepaskan aja. tuang / keluarkan air accu lalu simpan dalam kondisi kering dan terbalik. Maksudnya supaya lubang accu ada dibawah. Ketika hendak dipakai, lakukan pengisian air zuur dan air accu, seperti accu baru.

Perawatan tersebut diatas hanya untuk accu cair, sementara untuk accu kering tidak berlaku. Bagaimana untuk perawatan accu kering ?

Accu kering tidak perlu perawatan pemeriksaan air accu, tetapi karena dia tidakberair maka bebas perawatan. Hanya saja perlu diingat, accu kering punya musuh, yakni kepala accu tersiram air (pala + uatamanya). Jika pala + tersiram air biasanya listrik yang dihasilkan tidak maksimal. Musuh kedua accu adalah terjadinya hubungan pendek antara subu + dengan sumbu -. karena itu biasanya jika kita memakai accu kering, semua kepala accu ditutup lapisan plastik.

Sumber : VIO

MEMPERBAIKI REFLEKTOR VESPA

Reflektor adalah sebuah alat yang memantulkan cahaya, suara atau radiasi elektro-magnetis. Reflektor yang memantulkan cahaya sering disebut pula mata kucing. Sebuah reflektor yang memantulkan cahaya terdiri dari beberapa benda mirip cermin yang ditata menurut beberapa sudut tertentu.

Jangankan lampu lawas dengan umur pakai puluhan tahun, terkadang lampu keluaran tahun anyar sekalipun sering mengalami hal ini. Lampu utama (head lamp) atau lampu belakang (tail lamp) berubah fungsi menjadi redup dan tidak fokus lantaran reflektornya di dalam rumah lampu sudah berlumut atau usang.

Untuk memaksimalkan kondisi reflektor yang sudah usang dengan biaya yang relatif murah dan bahan yang mudah didapat Gue mencoba untuk mereparasi (tanpa crom) reflektor tersebut.

Adapun cara pembuatan, peralatan dah bahan yang digunakan terperinci sebagai berikut :

Peralatan :

1. Gunting
2. Mistar Besi
3. Pencil

Bahan :

1. Reflektor Lampu Listrik (down light) stainless harga bekas kisaran Rp. 10.000
2. Lem
3. Jepitan Buku


Cara pembuatan :


Siapkan reflektor yang akan di perbaiki, rapikan baian yang rusak/retak tambal dengan menggunakan Lem besi seperti gambar dibawah ini :



Gunting bagian reflektor lampu bekas sesuai dengan ukuran/cetakan yang akan dibuat seperti pada gambar dibawah ini :




Apabila ada sambungan, ukur setiap potongan sesuai dengan ukuran untuk menghasilkan garis sambungan yang rapi. Untuk membuat lekukan pakailah kain kemudian letakan pada reflektor yang akan dilapisi, tekan dengan tangan pada guntingan reflektor tersebut dan hasilnya seperti pada gambar :


Gunakan lem yang rapi dari setiap potongan diatas, reflektor siap dipasang kembali.




Semoga bermanfaat.

Salam

oniX

KAMPAS REM - IWAN-DC

Rem adalah bagian paling penting pada sebuah kendaraan bermotor, karena fungsinya untuk mengendalikan dan menghentikan laju kendaraan.

Menggunakan rem pada motor jauh lebih "menantang" dibanding pada mobil. Ketika berkendara di segala macam area sangat beresiko tinggi (yang berarti hampir di semua tempat saat kita berkendara).

Oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu memperhatikan kelengkapan/fungsi dari rem tersebut seperti: kabel rem, kampas rem dan pedal/handle.

Berdasarkan hal tersebut diatas, seorang sahabat Gue (Iwan-DC dari Ragunan Vespa Club / RVC) dengan kreative mencoba membuat dengan mengganti kampas rem yang sudah aus (licin) menggunakan bahan kampas rem yang berkualitas tinggi.

Adapun proses pembuatannya sangat sederhana sebagai berikut :

Peralatan :

1. Kikir Besar
2. Gergaji Besi
3. Amplas Besi
4. Gerinda
5. Catok Besar

Bahan :

1. Kampas Rem (High Quality)
2. Lem Besi (Pilih yang paling bagus)
3. Kampas rem bekas beserta dudukannya

Langkah-langkah Pembuatan :

Siapkan bahan-bahan (dudkan kampas rem, lem besi dan bahan kampas rem)



Bersihkan kampas rem sampai bersih dengan menggunakan gerinda dan kikir, selanjutnya ampelas permukaan sampai mengkilat (bersih).



Rekatkan kampas rem menggunakan lem besi, kemudian ikat dan pres dengan catok selama 24 jam.



Pemakaian dan uji coba sudah dilakukan dan hasilnya sangat baik dan awet dengan perjalanan Jakarta - Magelang PP, Jakarta - Klaten PP, Jakarta - Lampung PP dan dipakai harian.

Bila beminat bisa pesan ke Iwan - DC Phone 021-95807851

Smoga bermanfaat

Salam
oniX

WIRING DIAGRAM VESPA

Wiring diagram Vespa yang Gue buat ini tidak lain adalah diambil dari sumber yang Gue dapat.

Selama ini hampir sebagain besar beranggapan bahwa wiring Vespa hanya sekadar nyala lampu dan bunyi klason saja, asal ada tegangan dan masa, dan percikan api menjadi modal utama sehingga sumber yang dihasilkan tidak maksimal seperti lampu redup, mudah putus,klason pelan bahkan tidak bunyi.

Tidak panjang lebar, mudah mudahan dapat membantu.













































Salam Maker
oniX

REM CAKRAM VESPA (DISK BRAKE VESPA)

REM CAKRAM VESPA

Rem Cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan. untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads).

Berikut adalah membuat Rem Cakram Vespa (Belakang) hasil modifikasi "Dogel" D-Nox Scooterracing dengan beberapa bahan sebagai berikut :





1. Teromol Vespa Ring diusahakan menggunakan Teromol yang bagus












2. Disk yang biasa digunakan pada motor Jepang.















3. Modifikasi Arm dengan bahan Metal yang kuat memudahkan dalam pemasangan.















4. Perlengkapan Caliper (Kepala Babi) dan Kabel Minyak Rem.















5. Hasil akhir siap pasang.




















Untuk pembuatan Cakram ini memerlukan waktu selama 1 (satu) Minggu baik Cakram Depan maupun Cakram Belakang.

Semoga bermanfaat.

Salam

oniX

Sumber : vespamaker
masih bingung???? Tanya Lebih lanjut dengan saudara Onix
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine