Vespa 150 T/4 (Augsburg)




Vespa 150 T/4 Augsburg

Tahun 1959 s/d 1961
VGLA1T 300001 bis 314387 Type 202 Augsburg
Tipe mesin sama dengan 150 GL Versi Italy Produksi Belanda

Tahun 1962 VGLA1T 314388 bis 315388 Typ 332 Augsburg
seperti 150 GL, produksi Belanda

Tahun 1963
VGLB1T ab 315489



Jenis 1 : Tidak Menggunakan Lampu Sein


Jenis 2 :Dengan Menggunakan Lampu Sein




Perbedaan Vespa antara produksi Augsburg dengan Italy yang tampak adalah pada bentuk lampu belakang dan merek lampu yang digunakannya.




























Produksi Vespa Versi Italy banyak menggunakan merek Siem sedangkan buatan Augsburg menggunakan merek Hella.

Vespa Excel / PX150E



PX 150 Excel Versi PT. Danmotor Indonesia

Nama : Vespa Excel/Vespa PX150E
Kapasitas : 150 cc
Kode No Mesin : VLX1M

Diproduksi dari tahun
1978 s/d 1983 dan 1992 s/d 2007
Beberapa Teknologi Baru pada Vespa Excel pada mesinnya adalah :

pada silinder memiliki 3 lubang transfer, bentuk dom ruang bakar diracik lebar, sehingga andal di putaran bawah.

Didukung diameter venturi karbu lebih gambot. Sama seperti diamater lubang isap di bibir crank-case. Excel, venturinya sudah 20/20.

Diameter piston 58 mm, lebih besar 1 mm dari produk sebelumnya,dengan ditopang bandul dan poros kruk-as lebih besar. Hal ini untuk mengimbangi perubahan bentuk rumah kopling yang sedikit lebih besar dan ditahan 7 pegas penekan kampas.

Menganut pengapian CDI. Bahkan dilengkapi elektrik starter dan penempatan pencampuran bensin serta oli samping terpisah.

Teknologi ini juga ada pada Vespa PX-E, EXCL-2 dan NEW PX












Vespa P150S



Diproduksi :
tahun 1978 s/d 1990
Kode VIN :
VBX1T
No Seri Chassis :
1101 – 299155

Kapasitas mesin : 149 cc
Power : 7.5hp

Bore x Stroke : 57.8 x 57 mm

perakitan mesin : Piaggio

Tipe Mesin : 2 tak, 1 silinder

transmisi: 4 Kecepatan berkala:
1st gear: 14.47: 1
2nd gear: 10.28: 1
3rd gear: 7.31: 1
4th gear: 5.36: 1

clutch: wet - multiplate
carburetor: Dell'Orto SI 20/20 D

venturi size: 20 mm
main jet: 116/100
slow running jet: 160/100
throttle valve: 6823.01
mixer tube: BE 3
atomiser: 280/100
starter jet: 60/100

ignition: contact breaker & coil
ignition timing: 21 deg. BTDC

Kelistrikan : 12 V

Model Vespa P150S

Vespa Pi50S Tahun 1980 (Indonesia)




























Vespa Pi50S Tahun 1981 (Indonesia)


















Vespa Pi50S Tahun 1982 (Indonesia)


















Vespa Pi50S Tahun 1983 (Indonesia)





Vespa Pi50S Strada Tahun 1984 - Tanpa Lampu Sein (Indonesia)












Vespa Pi50S Strada Tahun 1985 (Indonesia)














































No. Identifikasi Mesin VESPA P 150 S
[Thn.] Kode] No. Mesin]
1978 VBX1T 1101 10819
1979 VBX1T 10820 52138
1980 VBX1T 52139 85966
1981 VBX1T 85967 170765
1982 VBX1T 170766 203818
1983 VBX1T 203819 230729
1984 VBX1T 230730 238445
1985 VBX1T 238446 247845
1986 VBX1T 247846 270945
under license:
1989 VBX1T 270946 297955
1990 VBX1T 297956 299155

150 Sprint/Veloce


Vespa 150 Sprint :
Dikeluarkan pada tahun 1965 hingga 1974, Vespa 150 Sprint merupakan generasi awal dari serie ini. Menggunakan salah satu keluarga mesin klasik 145.55 cc dengan penambahan cukup signifikan dalam hal kekuatan yaitu melalui besaran daya angkut yang diselaraskan dengan kecepatannya.

Kerangka body Vespa 150 Sprint sama dengan produk untuk Vespa GL, namun dengan sentuhan warna baru yakni silver metalik. Di sayap (fender) bagian kanan tersemat kata Vespa Sprint tersusun miring dua baris dengan style italic handwritting terbuat dari sejenis campuran alumunium yang berefek kebiru-biruan. Begitupun halnya dengan kata dibagian belakang, tertulis 150 Sprint tersusun miring satu baris yang berbahan serta material sama seperti bagian depan dan terletak agak diatas lampu bagian belakang.

Terdapat striping lurus terbuat dari alumunium pada bagian spakbor depan, box bagasi dan box mesin yang sejajar di kiri kanannya. Dengan kunci stang berbentuk oval, Vespa 150 Sprint menggunakan 2 jenis jok sesuai dengan permintaan yaitu model jok (sadle) ganda (pengendara dan penumpang) berwarna biru tua maupun dan jok panjang (single-seater).

Adapun bagian-bagian yg berlapis krum adalah baut gagang rem depan dan gagang kopling, klakson, rumah lampu belakang, ring lampu depan, kunci stang, tutup kunci stang dan kunci tutup box bagasi. Lapisan berwarna seng terdapat pada bagian-bagian seperti standar, shock bagian depan, seluruh baut dan mur serta tutup bak kopling.

Sementara itu bagian yg beraksen posfor meliputi shock bagian belakang termasuk per, baut dan murnya, serta per bagian depan. Sentuhan metal halus terdapat pada bagian gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, kuku macan, jengger depan, selahan, kunci (pengkait) box mesin, gagang kran bensin, dan lis sayap depan. Bagian yg bernuansa stainless adalah rumah saklar dan lis karpet tengah yang terbuat dari karet.

Dengan stang (handlebar) model kotak seperti GL dan Super serta speedometer oval, adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 1001-VLB1T 1205477 dan nomor mesin di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot diawali dengan kode VLB1M. Bagian-bagian lain yg memiliki warna berkesan alumunium meliputi velg, tromol depan dan belakang, tutup kipas, fork depan. Sementara itu warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.

* engine: single cylinder, 2-stroke
* cylinder: bore 57,0 mm
* piston stroke: 57,0 mm
* cubic capacity: 145.45 cc
* bhp at rpm: 2/4800
* lubrication: 2%
* carburetor: Dell’Orto SHB 16/10
* gears 4
* chassis: one-piece metal pressing
* Tank Capacity: 7,7litres (1.97 US gallons)
* mileage: 2,1l/100Km (112mpg)
* tires: 3.5 x 10″
* weight: 89 kg (172lbs)
* max. speed: 94 km/h (57mph)
* Engine scheme: VLB1M
* VIN scheme: VLB1T 1001-1205477

kalau Sprint, dimulai dari VLB
1965
1001 - 26478

1966
26479 - 39230

1967
39231 - 50000

1967
52001 - 63336

1968
63337 - 89260














1969
89261 - 108325

1970
108326 - 132259

1971
1150751 - 1150937

1972
1150938 - 1170660

1973
1170661 - 1199479

1974
119480 - 1205477


Vespa 150 Sprint Veloce


Diproduksi antara tahun 1969 hingga 1979 mesin Vespa Sprint 150 Veloce dirancang lebih dahsyat ketimbang Vespa 150 Sprint. Dimana salah satunya adalah dengan ditanamkannya karburator berukuran 20/20 dan saringan karburator yang diperbesar.
Perubahan lainnya adalah pada knalpot yg lebih besar sehingga menghasilkan suara berbeda dari serie sebelumnya. Dengan top speed mesin mencapai 97km/h, ukuran body Vespa 150 Sprint Veloce sama dengan Vespa 150 Sprint. Veloce memiliki model baru dalam bentuk lampu depan yang membulat dengan lingkaran 130mm dan dilindungi oleh ring lampu beraksen krum. Terdapat lampu kecil yang tersambung dengan lampu depan, berwarna hijau dikelilingi oleh ring alumunium di stang bagian atas speedometer.

Speedometerpun mengalami perubahan yang kontras dibandingkan dengan Vespa 150 Sprint. Speedometer veloce dirancang sama dengan model Vespa Super serie terakhir yang berbentuk lebih kecil (clamshell), mempunyai warna putih fascia dengan maximum angka tertera 120 km/h.

Sama halnya dengan Vespa 150 Sprint, veloce memiliki logo model baru yang berbentuk hexagonal (cung) tersematkan didepan mengganti logo P/ seperti serie vespa keluaran sebelumnya.

Dengan tidak menyertakan kembali striping alumunium yang terdapat pada spakbor depan dan box kiri-kanan. Pada awal produksinya, model handgrip veloce berwarna abu-abu terang dengan lambang Piaggio hexagonal didalamnya. Pada saat perjalanan produksi warna handgrip diganti hitam juga speedometer dan karet box kiri-kanannya.

Lampu belakang yang berbentuk kotak besar seakan menyembul dari body bagian belakang berwarna merah menyala dengan reflector menyatu didalamnya dan dilindungi oleh tutup yang terbuat dari bahan plastic pada bagian atasnya dengan warna senafas warna body.

Pada perkembangannya motif tulisan bagian depan dan belakangpun ikut berubah. Tulisan vespa bagian depan menggunakan font yang lebih tegas beraksen krum dimana setiap hurufnya seakan disatukan oleh plat yang berbintik halus dan berwarna hitam dengan posisi horizontal. Sementara itu pada bagian belakang tertulis vespa v. beraksen krum ter-emboss yang dibingkai dengan bentuk segi empat memanjang dimana dasar dari tulisan tersebut berwarna hitam berbintik halus dengan posisi horizontal. Adapun bahan dan material dari pada tulisan tersebut sama dengan serie sebelumnya.

Lapisan krum terdapat pada bagian-bagian yang antara lain ring lampu depan, tutup kunci stang dan kunci box bagasi. Lapisan beraksen seng terdapat pada bagian standar, shockbreaker dan per bagian depan, baut dan mur, dan tutup bak presneleng. Aksen phosfor menghiasi shock bagian belakang (termasuk per, baut dan mur), per standar dan mur baut bagian mesin. Kesan warna metal halus terdapat pada gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, jengger spakbor, selahan, kunci box mesin, kuku macan dan puteran kunci tangki. Sementara itu lapisan stainless terkesan pada rumah saklar dan lis karpet karet tengah.

Adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint Veloce terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 0150001-VLB1T 0368119. Pada perkembangannya seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada beberapa bagian sebagaimana tersebut diatas, nomor serial body pindah posisi ke sebelah kanan box mesin sama seperti produk-produk piaggio era 1980’an.

Namun demikian nomor mesin tetap berada di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot. Bagian lain yg memiliki warna alumunium adalah velg, tromol, tutup kipas, fork depan, dan warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.

Seiring dengan warna-warninya kehidupan generasi 1970’an yang dikenal dengan flower generation, Piaggio menangkap semangat ini melalui pengaplikasian warna-warna cerah dalam produk Vespa 150 Sprint Veloce. Apabila pada Vespa 150 Sprint hanya tersedia satu warna saja (silver metalik), tidak demikian halnya dengan Vespa 150 Sprint Veloce.

Veloce dari tahun ke tahun memiliki option warna yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut: 1969-1970 warna silver metalik, 1970-1971 biru, 1971-1972 metalik putih rembulan, 1972-1973 merah, 1973-1975 hijau ascot, 1975-1976 hijau valombrossa, 1976-1979 biru marine dan abu-abu polaris.


* engine: single cylinder, 2-stroke
* cylinder bore: 57 mm
* piston stroke: 57 mm
* cubic capacity: 145.45 cc
* bhp at rpm: 8/5000
* lubrication: 2%
* carburetor: Dell’Orto SI 20/20
* gears: 4
* chassis: one-piece metal pressing
* Tank Capacity: 7,7litres (2 US gallons)
* mileage: 2,08l/100Km (113mpg)
* tires: 2.75 x 9″
* weight: 89 kg (178lbs)
* max. speed: 97km/h (59mph)
* VIN scheme: VLB1T 150001-368119

Untuk Sprint Veloce, no rangkanya juga dimulai dari VLB
1969
150001 - 154384

1970
154385 - 159754

1971
159755 - 164041

1972
164042 - 169331

1973
169332 - 173345

1974
173346 - 213336










1975
213337 - 248469

1976
248470 - 294169


(dari berbagai sumber)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine