Piaggio MP3 Hybrid




Piaggio Group menjadi manufaktur yang pertama di dunia memperkenalkan scooter hybrid berbasis Piaggio MP3.

Tidak hanya sekadar scooter menggunakan dua sumber tenaga yang berbeda, namun juga memberikan keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan.

Manufaktur asal Italia ini mengklaim MP3 Hybrid adalah kendaraan pertama yang menggunakan baterai lithium ion yang bisa diisi ulang dimana saja. Diyakini MP3 Hybrid ini mampu menekan 50% konsumsi bahan bakar serta kadar karbon dioksida.

Berkendara dengan MP3 Hybrid, anda tak lagi berpikir tentang pilihan performa ataupun penghematan. MP3 Hybrid mendapatkan sumber tenaga dari sistem penggerak hybrid revolusioner yang dikembangkan oleh Piaggio Group yang diaplikasikan untuk roda dua, merupakan kombinasi mesin bensin 4-tak berkapasitas 124 cc serta motor listrik.

Transmisi otomatis, starter listrik dan inovatif Ride-by-Wire, electronic accelerator system merupakan fitur yang kali pertama dipakai oleh scooter yakni pada MP3 Hybrid. Saat akselerasi pertama 85% performa akan mengunakan mesin konvensional.

Mesin bensin konvensional yang digunakan MP3 Hybrid bertenaga 15 hp pada 8.500 rpm dan torsi 16 Nm pada 3.000 rpm. Adapun sumber tenaga dari lithium ion menyuguhkan tenaga 3,5 hp dan torsi 15 Nm.

Dengan teknologi hybrid ini Piaggio mengklaim MP3 Hybrid mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk jarak tempuh 60 km. Bandingkan dengan scooter hanya bermesin bensin memiliki perbandingan konsumsi 1 liter untuk 26 km.

MP3 Hybrid juga bisa hanya mengaktifkan sumber tenaga listrik, hanya dengan menekan tombol di batang kemudi secara otomatis mesin bensin akan mati. Kembali mengaktifkan mesin konvensional sekaligus mengisi ulang sumber tenaga baterai lithium ion. Baterai akan terisi otomatis saat rem dan menurunkan kecepatan.

Pengendara bisa langsung memilih full listrik atau mode hybrid saat kendaraan melaju, hanya dengan menekan tombol “Hy Tech” beberapa detik saja. MP3 Hybrid ini juga memiliki teknologi plug-in, sehingga saat kembali ke rumah pengendara bisa mengisi penuh baterai lithium ion menggunakan listrik rumah selama tiga jam.

[Sumber : INILAH.com]
Oleh : Birkoff
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine