Jalanan Akan Merindukan Bajaj Scooter





Sekitar empat dekade yang lalu, ketika dunia sedang bernyanyi bersama dijaman The Beatles dan warga negara asing saling berdendang dan mengalun di Dylan, Negara India mendapat Perdana Menteri wanita pertama nya, dan sebagian besar Warga India yang kelas menengah tengah menikmati perubahan berkendara dengan Sepeda motor sekuter merek Bajaj, hal ini merupakan sepenggal kisah kesejahteraan warga India saat itu .

Sebelumnya kendaraan kalangan menengah kebawah hanyalah sepeda yang dikayuh, tapi saat itu, Sepeda beroda dua bermesin idaman kalangan tersebut dapat membawa mereka kemana-mana di Bollywood dan hadir di garasi milik mu, hingga seperti bagian dari anggota keluarga, Kebanyakan warga India lebih suka menikmati mengengkol Bajaj-nya dan menyisiri jalan raya bersama bajaj dibandingkan mendengarkan iklan di Radio.

Akan Tetapi sekarang saat awal Bulan Desember 2009, ketika Media masa India memberitakan mengenai PT.Bajaj auto yang merupakan perusahan terbesar pembuat sepeda motor No. 2 di India Tersebut memutuskan untuk menghentikan produksi sepeda motor sekuter, hal itu justru membuat sedih banyak orang.

Masih teringat olehku“ Ketika aku membeli Bajaj yang pertama saat itu masih bermerek Vespa, membuat tetanggaku datang dan melihat-lihat sambil ikut merasakan bahagia dan kagum melihat Vespa yang kubeli,” demikian cerita Pinaki Dutta, Aku masih mengendarai sepeda motor sekuter tersebut sejak aku beli di tahun 1986 lanjutnya.

“ Tetapi aku tidak dapat membayangkan jika anak-anakku menggunakan sepeda motor skuter seperti gambar diatas. Bagaimana mungkin sedangkan menurut anak-anakku bahwa mengendarai sepeda motor seperti gambar diatas, adalah suatu penurunan status bagi mereka.”

Keputusan PT.Bajaj Auto untuk stop memproduksi sepeda motor sekuter tehadap masyarakat dan penydiaan layanan mungkin hanyalah masalah waktu, tetapi hal ini hanya menceritakan bagaimana rakyat India Kelas kebawah pada akhirnya dapat menikmati motor skuter yang sebelumnnya kendaraan roda dua hanya dapat dinikmati kalangan menengah saja yang bergaya dengan gadget dan tampak dipusat-pusat perbelanjaan.

Penjualan Kendaraan bermotor meningkat 84 persen pada bulanNovember 2009, Pihak perusahaan Bajaj Mengatakan bahwa keputusan menghentikan produksi skuter dikarenakan Volume penjualan. perusahaan Bajaj menjual 242.648 unit sepeda beroda dua pada bulanNovember dan dari jumlah tersebut, 242.390 unit penjualan adalah sepeda motor, sedangkan sisanya adalah skuter hal ini menandakan Skuter sudah kurang peminatnya.

Sesungguhnya, [perusahaan/ rombongan] [itu] website tidak genap sepeda motor sekuter corak apapun lagi ( terlepas dari Kristal, Yang akan segera bertarung juga). Dan laporan media kata[kan bahwa setelah lulus dari two-stroke sepeda motor sekuter yang sederhana ke sepeda motor, [perusahaan/ rombongan] sekarang telah melihat kepada [kereta;mobil].

Penjualan mobil di pasar semangkit meningkat, persaingan Bajaj terhadap PT. Honda kian kompetitif.

Akan tetapi, apakah usaha yang dilakukan perusahaan Bajaj itu akan membunuh dan menghapus dimasa lalu?— Akankah hal ini berarti akan membuat keangan yang baru?

Diceritakan Oleh : Anurag Kotoky dan Nivedita Bhattacharjee
Diolah kembali Oleh : Vicky Yudhistira
Sumber asli : blogs.reuters.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine