Vespa Gran Lusso


vespa-gl

Vespa Gran Lusso (selanjutnya GL) dapat dikatakan sebagai salah satu Vespa yang memiliki beberapa keunikan dari aspek tampilan fisik maupun mesin. Vespa dengan frame serial number (nomor bodi) VLA1T 01001-080855 (berada di bagian bodi bawah bok bagasi) ini, merupakan Vespa pertama yang menggunakan model handlebar (stang) berbentuk trapezium yang terbuka di bagian bawahnya. Adapun maksud tersebut agar memudahkan saat mengatur kabel-kabel perubahan gigi/kopling serta gas.

Pertama kali dilansir pada tahun 1963, GL merupakan versi deluxe dari model keluaran Piaggio di era 60’an yang mengusung mesin berkekuatan 150cc. Nuansa revolusioner dari segi tampilan fisik dapat terlihat dari bagian sayap depan (fender), spakbor serta boks kiri-kanan yang cenderung beraroma kotak. Sebuah perubahan yang dramatis apabila dibandingkan dengan model Vespa 150 (VBB1 dan VBB2). Selain dihiasi striping melengkung berbahan alumunium pada bagian kiri-kanan spakbor serta boksnya, GL juga disematkan gantungan yang berbahan alumunium guna mengunci barang bawaan.

Berikut ini spesifikasi identik Vespa Grand Lusso:
engine: single cylinder, air cooled 2-stroke
induction: disc valve
bore: 57 mm
stroke: 57 mm
cubic capacity: 145.5 cc
compression ratio: 7.2: 1
bhp at rpm: 6.25 @ 5000
transmission: 4 speed constant mesh
primary drive: 22/67
1st gear: 14.46
2nd gear: 10.28
3rd gear: 7.46
4th gear: 5.48
clutch: wet – multiplate
carburetor: Dell’Orto SI 20/17D
ignition: contact breaker & coil
ignition timing: 22 degrees BTDC
breaker gap: 0.3 – 0.5 mm
voltage: 6 volt
max stator output: 6v – 35w
wheels: 10″
tires: 3.50 x 10


Sumber : asiaaudiovisualexc09irvanmaulana

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
coompax-digital magazine